Kue Putu Gula Merah,Banyak di Sukai Angota Keluarga

Kue putu bambu jadi favorit banyak orang. Bahan kue ini terbilang sederhana karena hanya terdiri dari tepung beras, kelapa parut, dan gula merah.

LINESNEWS – Kue putu bambu jadi favorit banyak orang. Bahan kue ini terbilang sederhana karena hanya terdiri dari tepung beras, kelapa parut, dan gula merah.

Sayangnya, cara membuat kue putu bambu terbilang menantang jika tidak punya cetakan bambu.

Namun jangan khawatir, resep kue putu dari Sajian Sedap ini memberi alternatif dengan membuat kue putu tanpa bambu mengunakan bambu.

Kamu bisa menggunakan cawan kecil atau cetakan kue mangkok.

Adapun bahan-bahan :
1. 60 Menit2. 15 Buah
3.250 Gram Tepung Beras
4. 250 Gram Kelapa Parut
5. 100 Gram Gula Merah Yang Telah Disisir Halus
6.200 Ml Air
7. 1/4 Sdt Garam Untuk Kelapa Parut
8. 1/2 Sdt Garam Untuk Adonan Putu
9. 2 Lembar Daun Pandan
Secukupnya Pasta Pandan/Pewarna Makanan Hijau (Optional)

Cara pembuatan kue putu :

Langkah 1 : Campur Kelapa Parut dengan Garam,kemudian aduk merata.Kukus selama 15 Menit.Angkat sisihkan,biarkan uap panasnya hilang dan dingin.

Langkah 2 : Masak Air dengan Garam dan Daun Pandan Hingga Mendidih.Angkat Lalu dinginkan.Beri Pasta Pandan/Pewarna Makanan Hijau secukupnya.

Langkah 3 : Setelah dingin,Kemudian masukan air pandan sedikit demi sedikit ke dalam tepung beras sambil terus diaduk.Jika dirasa menggunakan spatula terlalu sulit,teman-teman bisa menggunakan tangan.
Kita aduk adonan hingga berbulir seperti pasir.Jika sudah tercampur,kemudian saring/ayak agar butirannya halus.

Langkah 4 : Siapkan cetakan kecil (kamu bisa menggunakan bambu jika ada,atau boleh menggunakan cetakan kue mangkuk,cetakan kue sakura,cetakan putu ayu atau bisa juga seperti aku menggunakan cetakan untuk bolu kukus.Tapi didasarnya aku gunakan daun pisang.Dan agar memudahkan dikeluarkan dari cetakan olesi cetakan dengan sedikit minyak.

Langkah 5 : Masukan adonan kue putu setengahnya.Kemudian beri gula ditengahnya.Tutup kembali dengan adonan putu.

Catatan ya teman-teman,jangan menekan-nekan adonan karna itu akan membuat teksturnya padat dan kurang lembut.

Langkah 6 : Panaskan kukusan,Kukus kue putu selama 20 menit.

Langkah 7 : Keluarkan dari cetakan,jika masih susah kalian bisa menggunakan bantuan pisau kecil.Tapi jika cetakan kalian terbuat dari plastik kue akan lebih mudah keluar.

Langkah 8 : Sajikan dengan kelapa parut.Kue ini nikmat disantap saat masih hangat dan baru keluar dari kukusan,jangan disimpan diluar telalu lama,karna tekstur kue akan menjadi lebih kering.selamat mencoba.LN

foto : cookpad.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *