Desa Berdaya Tanjung Rusa Belitung Binaan TJSL PLN Babel, Panen Vaname

BELITUNG, LINESNEWS РDesa Berdaya Tanjung Rusa Binaan PLN di kecamatan Membalong Belitung panen parsial udang vaname sebanyak 120kg yang dibudidayakan dengan sistem Millenial Shrimp Farm (MSF) atau bisa disebut juga budidaya udang ala milenial. Budidaya yang dilakukan masyarakat desa Tanjung Rusa ini mendapat dukungan dan pendampingan langsung dari dinas perikanan dan kelautan Belitung.

Panen parsial ini merupakan strategi untuk mengurangi kapasitas kepadatan kolam. Sebelumnya, kelompok masyarakat desa Tanjung Rusa menerima bantuan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dari PLN, yang diresmikan oleh Bupati Belitung enam puluh delapan hari yang lalu.

Bacaan Lainnya

Firdaus Zahri, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Belitung, menyampaikan bahwa benih udang yang ditebar dua bulan yang lalu berhasil dipanen sebanyak sepuluh persen dari kapasitas kolam. “Udang vaname yang dipanen hari ini memiliki ukuran rata-rata size 80. Panen besar akan dilakukan di bulan depan dengan target total panen 1,2 ton vaname dari 3 kolam MSF ini,” ujar Firdaus.

Hasil panen parsial ini akan didistribusikan kepada kelompok budidaya ikan Koperasi Karya Bahari di Desa Tanjung Rusa, Membalong. Pembagian hasil panen hari ini mencakup sekitar 20 kilogram untuk dikonsumsi oleh masyarakat sekitar, sementara sisanya sebanyak 100 kilogram dijual kepada pengepul di Tanjungpandan,” tambah Firdaus.

Anton Wahyu Utomo, Senior Manager Keuangan, Komunikasi, dan Umum PLN Babel, mengungkapkan bahwa program Desa Berdaya di Desa Tanjung Rusa merupakan salah satu program bantuan TJSL PLN. “Tahun ini, terdapat 44 program Desa Berdaya di seluruh Indonesia yang menerima bantuan TJSL PLN, termasuk di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ini menunjukkan dukungan PLN terhadap program pembangunan desa yang diinisiasi pemerintah pusat,” kata Anton.

Kedepannya, bantuan TJSL PLN kepada masyarakat melalui program ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan ekonomi masyarakat. “Dengan infrastruktur budidaya udang vaname dari PLN dan pelatihan yang diselenggarakan oleh DKP Belitung, perekonomian masyarakat desa berdaya Tanjung Rusa semakin meningkat,” tutup Anton.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *